Pengertian Invoice

Invoice merupakan dokumen komersial yang isinya tentang rincian atau dokumentasi transaksi yang berjalan pada penjual dan costumer atau penyedia jasa dan klien.

Invoice atau faktur ini biasanya digunakan untuk pelaku bisnis yang menjajakan product didalam mutu yang besar, bila pabrik. Umumnya terhitung dipakai oleh para freelancer layaknya penulis, graphic designer, dll. Itu hanya contoh kecilnya saja, sebab biasanya bisnis model apa-pun sanggup mengfungsikan faktur sebagai alat untuk mendokumentasikan transaksinya.

Mendokumentasikan tiap tiap transaksi jadi kegiatan yang benar-benar perlu baik bagi pengusaha kecil maupun besar. Jika tidak memiliki catatan akan tiap tiap transaksi pembelian, penjualan, dan pengembalian barang, sanggup memengaruhi arus kas bisnisnya, pengelolaan pajak, hingga pas evaluasi performa bisnis Anda.

Ciri-Ciri

Dalam dokumen invoice, biasanya akan bersama paham tercantum tulisan invoice. Isinya pasti seputar no faktur, nama pembeli, nama penjual, nama perusahaan, tanggal transaksi, kuantitas barang/jasa, harga barang/jasa, nama barang/jasa, informasi kontak penjual atau penyedia jasa, ketentuan pembayaran, potongan harga bila ada, sistem pembayaran (pembayaran di muka atau cicil, dll), metode pembayaran (transfer, cash, dll), denda atas keterlambatan pembayaran (jika ada).

Biasanya, terkandung terhitung penjelasan tentang cost lain yang mesti ditanggung, layaknya kargo, penanganan barang, dan pajaknya. Dulu, faktur yang pelanggan terima biasanya didalam wujud cetak kertas, tapi belakangan metode berikut telah ditinggalkan dan berpindah digital. Jadi, pencetakan dokumen hanya dijalankan jika memang benar-benar perlu dicetak. Selebihnya, faktur akan dikirimkan lewat surel kepada pihak terkait. Dengan metode elektronik ini memang jauh lebih gampang didalam perihal pencarian dan penentuan transaksi yang berjalan cocok bersama tanggalnya.

Fungsi Faktur

Terdapat lebih dari satu fungsi invoice yang mesti Anda pahami, berikut ini ulasannya:

  • Fungsi yang paling utama berasal dari penggunaan invoice adalah untuk menaruh information rincian pembelian dan termin pembayaran yang akan digunakan untuk menagih costumer agar sanggup langsung melakukan pembayaran cocok perjanjian atau cocok bersama yang tercantum didalam faktur tersebut.
  • Faktur sanggup jadi rujukan yang sah kala terjadinya ketidaksesuaian didalam sistem pembayaran tagihan maupun pengiriman barang.
  • Menjadi acuan yang sah kala Anda idamkan menjajakan kembali barang yang telah dibeli kepada orang lain.
  • Sebagai tempat yang memudahkan pelaku bisnis didalam menindaklanjuti perkembangan bisnis yang dikelolanya.
  • Sebagai alat didalam memudahkan sistem pembuatan laporan atau pembukuan keuangan perusahaan.

Tujuan Penerbitan

Dalam penerbitan invoice, pasti perusahaan memiliki tujuan, yakni:

Untuk menagih pembayaran atas barang dan/atau jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Sebagai dokumen yang sah untuk melakukan penagihan, faktur berisi rincian dan information transaksi yang jelas, agar penjual dan costumer sanggup melakukan kegiatan transaksi secara transparan.
Bertujuan untuk mengimbuhkan pandangan berkenaan pengeluaran yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.
Pengelolaan pembayaran yang sistematis diperlukan oleh perusahaan untuk melacak transaksi pembayaran secara tertulis. Tujuannya untuk menunjukan seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan dan tagihan apa saja yang belum dilunasi oleh perusahaan.

Secara legal faktur berperan perlu sebagai perjanjian bisnis bersama klien sebab mengimbuhkan sarana atau menjajakan product khusus dan pembayarannya terutang. Anda terhitung jadi paham rata-rata pas yang klien butuhkan untuk selesaikan tagihannya. Dengan begitu, tim keuangan perusahaan sanggup mengelola cash flow bersama lebih baik.

Dari penjelasan di atas, Anda pasti telah menerka, siapakah yang menerbitkan invoice? Adapun yang menerbitkan atau mengakibatkan faktur adalah pihak penjual. Jadi, faktur ini diterbitkan dan dibuat sebelum pelanggan melakukan pembayaran.

Isi dan Komponennya

Rekaman transaksi layaknya faktur ini biasanya memiliki isi atau komponen yang lebih rumit jika dibandingkan bersama nota atau bukti pembayaran lainnya. Hal berikut sebab faktur benar-benar berkenaan bersama laporan keuangan agar sanggup terekam bersama baik manfaat jadi acuan didalam mengakibatkan laporan keuangan. Berikut ini isi dan komponennya secara umum:

  • Tulisan invoice
  • Tanggal penerbitan
  • Nomor invoice
  • Nama dan alamat ke-2 belah pihak berkenaan transaksi yang terjadi
  • Rincian barang atau jasa yang jadi objek transaksi, terhitung kuantitas harga satuan hingga keseluruhan yang dibayarkan
  • Diskon (jika ada)
  • Pajak
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Syarat dan ketentuan pembayaran (bila perlu)
  • Sistem pembayaran yang akan dipilih (tunai, kredit, atau debit)

Sebagai alat bukti tagihan pembayaran yang sah, invoice wajib dibubuhi meterai.

Cara Membuat Faktur

Membuat faktur nyatanya tidak benar-benar rumit asalkan komponen dan isi berasal dari faktur telah Anda ketahui. Berikut ini cara yang baik didalam mengakibatkan faktur:

Persiapkan logo dan nama perusahaan untuk diletakan terhadap kop invoice perusahaan Anda.
Beri baris untuk menuliskan identitas berasal dari penjual terhitung pembeli.
Buat tabel yang akan diisi bersama nomor, nama produk, deskripsi, jumlah, satuan, harga satuan, diskon, dan kuantitas atau keseluruhan harga.
Sisipkan baris PPN dan keseluruhan pembayaran yang akan ditagih.
Beri area untuk catatan tambahan di bawah tabel bila dibutuhkan.
Jangan lupa tuliskan info tempat, waktu, tanda tangan, dan nama paham klien sebagai bukti sah faktur.

Jenis-Jenis Invoice

Berikut ini jenis-jenis invoice yang mesti Anda ketahui:

  • Invoice proforma
  • faktur komersial
  • Nota kredit
  • Invoice kolektif
  • Invoice interim
  • faktur berulang
  • invoice penahanan

Itulah tadi serba-serbi invoice yang mesti Anda ketahui, khususnya bila Anda merupakan pengusaha yang mesti menerbitkan faktur sebagai dokumen tagihan untuk klien Anda.

Tahukah Anda bahwa kini Anda telah sanggup membuat, menerbitkan, hingga mengirimkannya hanya didalam 1 aplikasi? Semua sanggup Anda melakukan di Mauju Invoice Management Software. Prosesnya mudah, cepat, dan akurat. Bahkan, Anda terhitung sanggup mengirimkan invoice Anda sekaligus ke klien Anda secara seiring hanya bersama sekali klik. Penasaran? Informasi lebih lanjut sanggup Anda klik di sini.

By admin

Related Post